Artikel Ramadhan

 

Oleh : Resti Wulandari

7 Keistimewaan di Bulan Ramadhan, Raih Keberkahan di Bulan yang Penuh  Rahmat  Ini

            Bulan Ramadhan adalah bulan dianjurkannya Umat Muslim untuk berpuasa. Bulan yang memiliki banyak keberkahan didalamnya, kebaikan yang kita lakukan dapat dilipatgandakan ganjarannya, doa yang kita panjatkan lebih mudah untuk terkabul  dan setan-setan terbelenggu. Keberkahan di Bulan Ramadhan tidak dapat kita temukan di bulan lain, marilah kita memanen punding-punding kebaikan di bulan suci ini. “Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadhan, maka jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka.” (HR. an-Nasa'i). Berikut Keistimewaan Bulan Ramadhan;

1.     Bulan Diturunkannya Al-Quran

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah momen diturunkannya Al-Quran. Saat Bulan ini tiba kita dianjurkan untuk lebih giat dalam membaca Al-Quran. Hal ini tertuang dalam penggalan Surah Al-Baqarah ayat 185 berikut ini :

Allah SWT berfirman,"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)". (QS. Al-Baqarah: 185).

 

2.     Adanya Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya, ibadah pada malam ini sebanding dengan ibadah selama seribu bulan, yaitu 83 tahun 4 bulan.

Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran tertuang dalam surah Al Qadr ayat 1-5. Telah dijelaskan oleh Allah SWT yang artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." (QS. Al Qadr ayat 1-5)

 

3.     Bulan Penuh Ampunan

Keistimewaan bulan Ramadhan selanjutnya merupakan momen yang paling baik untuk penghapusan dosa dan bertaubat. Ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan menjadi jembatan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

4.     Dibukanya Pintu Surga, Ditutupnya Pintu Neraka dan Para Setan Dibelenggu

Keistimewaan selanjutnya adalah momen dimana kita harus memperbaiki ibadah dan mengerjakannya lillahi ta’ala. Karena apabila hamba mengerjakan  amal kebaikan dan perintahnya maka pintu surga terbuka lebar untuknya. Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : "Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka." (HR Tirmidzi)

 

5.     Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

Keistimewaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan di bulan suci ini mustajab atau lebih mudah terkabul. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya: "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az).

 

6.     Puasa di Bulan Ramadhan Layaknya Berpuasa Satu Tahun

Keistimewaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah pahala berlimpah yang berasal dari berpuasa selama sebulan akan dilipatgandakan layaknya berpuasa satu tahun. Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan yang artinya: "Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun." (HR. Muslim)

 

7.     Sedekah Terbaik di Bulan Ramadhan

Keistimewaan bulan Ramadhan selanjutnya karena pahala sedekah di waktu ini menjadi waktu yang terbaik disbanding waktu lain. Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

            Pada bulan Ramadhan ini hendaknya kita menyisihkan rezeki yang kita miliki untuk bersedekah karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

 

 

 

 

Komentar